Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Berpotensi Lanjutkan Pelemahan Hari Keempat: Teknikal

Muhammad Julian Fadli
17 May 2023 09:07

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan masih akan melanjutkan pelemahan, menggenapi tren pelemahan untuk hari keempat berturut-turut.

Nilai tukar rupiah kemarin ditutup melemah 0,14% ke posisi Rp14.820/US$ tertekan sentimen eksternal yang juga menekan valuta negara-negara berkembang menyusul data terbaru perekonomian China yang mengecewakan pasar.

Dari kacamata analisis teknikal, hari ini nilai tukar rupiah masih akan melanjutkan pelemahan bila mencermati level MA-5 yang terus membentuk lower low dengan menuju support trendline ke level Rp14.831/US$.

Adapun level support selanjutnya untuk rupiah ada di level Rp14.870/US$ dengan level resistance 1 di Rp14.764/US$ dan resistance selanjutnya pada level Rp14.740/US$.

Tekanan yang dihadapi rupiah lebih banyak datang dari sentimen eksternal. Di dalam negeri, animo pemodal asing nyatanya masih sangat tinggi menyerbu aset-aset pasar keuangan. Pada gelar lelang Surat Utang Negara (SUN) kemarin, nilai penawaran masuk mencatat rekor di atas Rp65 triliun dengan kenaikan minat asing hingga 46%. 

Analisis teknikal rupiah 17 Mei 2023 (Divisi Riset Bloomberg Technoz)