Logo Bloomberg Technoz

Pertaruhan Besar Tim Cook Pindahkan Produksi Apple ke Luar China

News
08 April 2023 22:17

Tim Cook, CEO Apple dan rencana penyebarang pabrik di luar China. (Dok Bloomberg)
Tim Cook, CEO Apple dan rencana penyebarang pabrik di luar China. (Dok Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Pada akhir Maret lalu, ketika Tim Cook muncul pertama kalinya di China sejak pandemi Covid-19, ia melakukan pendekatan lewat kunjungan diplomatik. Cook mengajak rekan-rekannya ke toko ritel Apple di Beijing dan bertemu secara pribadi dengan sejumlah pejabat tinggi untuk berdiskusi masa depan Apple.

“Ini menjadi hubungan simbiosis yang, saya pikir kami nyaman,” katanya pada peserta dalam sebuah konferensi teknologi pemerintah. Dalam acara tersebut, Ia juga mengumumkan ekspansi jutaan dolar AS program edukasi rural di China.

Salah satu pencapaian paling monumental selama karir Cook di Apple adalah terus berhubungan ‘akrab’ dengan China, langkah yang tidak biasa untuk perusahaan teknologi lain asal Amerika Serikat (AS) lainnya.

Lebih dari dua dekade, Apple telah membangun pabrik manufaktur dan perakitan di China. Kebijakan Apple ini melibatkan ribuan rekan bisnis. Ada lebih dari 40 Apple store di China darata. Apple bahkan memperoleh hampir 20% pendapatan mereka dari “Greater China” atau Tiongkok Raya, termasuk Taiwan dan Hong Kong.