Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Doyan Borong Saham, Domestik Malah Jualan

Muhammad Julian Fadli
31 March 2023 17:02

Ilustasi perdagangan pasar saham (Bloomberg/Taylor Weidman)
Ilustasi perdagangan pasar saham (Bloomberg/Taylor Weidman)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang masih mencatatkan koreksi 0,84% secara year-to-date (YtD). Investor asing justru melakukan aksi beli bersih (net buy) dengan angka fantastis.

Berdasarkan data Bloomberg, investor asing dalam lima hari terakhir mencatatkan net buy sebesar Rp 3,3 triliun. Sementara itu, sepanjang 2023 asing telah mencetak net buy mencapai Rp 6,2 triliun.

M. Nafan Aji Gusta Utama, Senior Investment Analyst Mirae Asset Sekuritas memaparkan, investor asing melihat perekonomian Indonesia sangat berdaya tahan, fundamental makroekonomi Indonesia relatif kuat. Sehingga investor asing melihat ketahanan ekonomi Indonesia sangat kokoh dan sangat menarik untuk diinvestasikan dibandingkan negara lain.

Jika mencermati lebih lanjut, isu hangat pada 2023 adalah resesi. Dengan berbagai sentimen negatif yang ada terutama pada negara-negara maju.

Hingga saat ini, resesi masih jadi sentimen utama yang mempengaruhi laju market global, ditambah lagi dengan yang terjadi belakangan ini kepada 3 bank besar di Amerika Serikat (AS) dan bank-bank di Eropa terkait kesulitan likuiditas.