Logo Bloomberg Technoz

Israel Akan Bertempur 7 Bulan Lagi untuk Kalahkan Hamas

News
30 May 2024 07:20

Kendaraan tempur medis tentara Israel melewati Kibbutz Be'eri, Israel, Minggu (22/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Kendaraan tempur medis tentara Israel melewati Kibbutz Be'eri, Israel, Minggu (22/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Alisa Odenheimer dan Paul Wallace - Bloomberg News

Bloomberg, Israel mungkin tidak akan mampu mengalahkan Hamas sebelum akhir tahun ini, kata penasihat keamanan nasionalnya. Negara itu kesulitan mencapai tujuannya untuk menghancurkan kelompok Islamis di Gaza.

"Kami memiliki tujuh bulan pertempuran lagi untuk memperdalam pencapaian dan mencapai apa yang kami definisikan sebagai penghancuran kemampuan pemerintah dan militer Hamas dan Jihad Islam," kata Tzachi Hanegbi pada Rabu dalam sebuah wawancara dengan lembaga penyiaran negara Kan. Jihad Islam adalah organisasi militan anti-Israel terpisah yang juga memiliki pejuang di Gaza.

Komentar-komentar tersebut tidak akan banyak membantu untuk membangkitkan semangat para mediator seperti AS dan Qatar, yang menginginkan Israel dan Hamas untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata namun pembicaraan terhenti selama berbulan-bulan.

Gedung Putih mengatakan pada Rabu bahwa sebuah proposal "baru"--yang disertai dengan penandatanganan dari Israel--telah ditawarkan dengan harapan dapat mendorong negosiasi tambahan antara kedua belah pihak.