Logo Bloomberg Technoz

Kapal Induk AS Tiba di Korsel, Korut Ancam Pakai Serangan Nuklir

News
28 March 2023 10:56

Korea Utara lakukan uji coba rudal. (Sumber: Bloomberg)
Korea Utara lakukan uji coba rudal. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Boomberg - Kim Jong Un kembali menyerukan Korea Utara (Korut) siap untuk mengerahkan senjata nuklirnya kapan saja dan di mana saja. Pernyataan ini disampaikannya menyusul segera tibanya rombongan kapal induk Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel).

Kim Jong Un melontarkan komentar tersebut saat ia mengunjungi sebuah fasilitas yang memproduksi bom nuklir, media resmi Korut KCNA melaporkan pada Selasa (28/03/2023). 

Kim Jong Un kembali menekankan bahwa Korut harus meningkatkan persenjataan nuklirnya secara signifikan untuk memastikan keamanan abadi negara dan perdamaian serta stabilitas regional di seluruh aspek. Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara telah memamerkan rangkaian senjata baru untuk melancarkan serangan nuklirnya, dan telah mengeluarkan tanggapan keras terhadap latihan militer bersama AS-Korsel.

Kim Jong Un Pimpin Simulasi Serangan Balik Nuklir Selama 2 Hari (Sumber: Bloomberg)

Menurut sebuah makalah yang dirilis oleh Institut Analisis Pertahanan Korea Selatan pada bulan Januari, Korea Utara memiliki 80 hingga 90 hulu ledak, dan berencana untuk menambah menjadi 100 dan 300 unit dalam jangka panjang.