Logo Bloomberg Technoz

Sikap moderat Partai Komunis telah dipermudah oleh pilihan Biden yang sebagian besar merupakan tindakan simbolis, seperti pemotongan tarif logam ekspor China ke Amerika. 

Protes para pendukung TikTok di AS. (Dok: Bloomberg)

Mengusir TikTok - atau pemiliknya yang berasal dari China - dari AS dapat menantang kalibrasi tersebut, sehingga perusahaan-perusahaan Amerika yang memiliki eksposur besar ke pasar China, termasuk Apple Inc dan Tesla Inc menjadi target potensial untuk pembalasan.

Para pejabat tahun lalu menunjukkan kesediaan mereka untuk menanggapi kampanye AS untuk menghentikan akses Beijing ke cip semikonduktor canggih, misalnya, dengan meluncurkan penyelidikan terhadap produsen memori asal AS, Micron Technology Inc.

“China tetap membuka opsi-opsi saat ini," kata Xiaomeng Lu, direktur praktik geo-teknologi di Eurasia Group. Namun, ia mengatakan jika TikTok upaya secara legal dan harus keluar dari Amerika, “beberapa merek teknologi AS dapat berisiko menjadi korban dari siklus balas dendam ini.”

Pembatasan internet Beijing telah memaksa sebagian besar perusahaan media sosial Amerika keluar dari pasar China, seperti Meta Platforms Inc dan Snap Inc, mempersempit daftar target potensial untuk respons balas dendam.

Segala tindakan China kemungkinan besar akan mencoba untuk menghindari kerugian pada ekonominya sendiri, karena para pembuat kebijakan sedang berjuang melawan krisis properti, yang membebani pertumbuhan bersama dengan lemahnya permintaan domestik.

Meningkatnya ketegangan perdagangan terjadi ketika Menteri Luar Negeri Antony Blinken tiba di China minggu ini untuk menekan kekhawatiran mereka tentang dukungan perusahaan-perusahaan China untuk mesin perang Rusia.

Pemerintahan Joe Biden telah mengancam Beijing dengan sanksi terhadap bank-banknya jika mereka mendukung kampanye Kremlin di Ukraina, sebuah langkah yang berisiko merusak kerjasama AS dengan China di titik-titik panas geopolitik lainnya, seperti Timur Tengah dan Korea Utara.

Berkaca pada investasi asing ke China yang merosot ke level terendah selama 30 tahun pada tahun 2023. Xi melakukan perjalanan ke San Francisco untuk merayu para CEO asal AS itu pada bulan November dan menggelar karpet merah untuk para eksekutif di Beijing tahun ini. Sedangkan para pejabat meningkatkan upaya untuk meningkatkan sentimen.

“Jika mereka memberikan sanksi kepada perusahaan-perusahaan AS, hal ini dapat meningkatkan kekhawatiran perusahaan-perusahaan Amerika untuk beroperasi di sana,” ujar Wei Zongyou, seorang profesor di bidang keamanan dan kebijakan luar negeri Amerika di Universitas Fudan di Shanghai. 

“Itu berarti kemungkinan untuk mengambil pembatasan dan sanksi lebih lanjut terhadap perusahaan-perusahaan di Cina tidak terlalu besar.”

Arus investasi dana asing ke China.

Namun, China memiliki ‘kartu’ lain yang kurang terdokumentasi dengan baik - termasuk membatasi akses AS ke negara dengan perekonomian nomor dua di dunia ini, sebuah titik perselisihan yang terus-menerus terjadi antara Beijing dan Washington.

Badan-badan dan perusahaan-perusahaan China yang didukung pemerintah menyampaikan kepada stafnya untuk berhenti membawa iPhone dan perangkat asing lainnya ke tempat kerja tahun lalu.

Ini merupakan sebuah larangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kemungkinan besar akan memangkas penjualan Apple di China. Kendaraan listrik Tesla Inc sudah tunduk pada pembatasan di kompleks pemerintah, karena kekhawatiran tentang data yang dikumpulkan oleh kamera di mobil. 

Bahayanya adalah Beijing akan meningkatkan moratorium semi-official atas penggunaan perangkat keras Amerika, yang berpotensi menekan perusahaan-perusahaan seperti Microsoft Corp dan Intel Corp.

Banyak perusahaan besar yang memiliki lobi berpengaruh di AS dan telah dikenal menentang sanksi Amerika yang lebih luas karena takut kehilangan akses pasar.

Protes dari para pendukung aplikasi Tiktok di AS. (Dok: Bloomberg)

Intel terpaksa mundur dari pengambilalihan Tower Semiconductor Ltd senilai US$5,4 miliar tahun lalu pasca gagal mendapatkan persetujuan dari regulator China sesuai tenggat waktu,  sebuah langkah yang dilihat oleh beberapa pihak di Washington sebagai tanggapan atas pembatasan cip yang dilakukan oleh Biden. 

Meskipun Xi memiliki tujuan jangka panjang dalam kemandirian teknologi, mengeliminasi perusahaan-perusahaan asing di sektor ini hanya akan memperlambat perkembangan China, menurut Li Mingjiang, profesor di S. Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University.

“Apa yang diinginkan China sekarang adalah mengurangi pemisahan teknologi dengan AS. Menghukum perusahaan teknologi AS tidak akan membantu untuk tujuan ini,” katanya.

Tindakan yang paling mungkin dilakukan oleh Cina adalah mencoba mencegah TikTok dijual ke entitas Amerika.

Beijing dapat memanfaatkan kontrol ekspor yang diberlakukannya pada tahun 2020 atas algoritma pengaturan konten, yang merupakan jantung dari kesuksesan global platform ini— sebuah langkah yang akan memaksa ByteDance untuk keluar dari pasar AS dan tidak menyetujui penjualan.

Data permohonan perusahaan China-AS sejak 1998 hingga 2024, termasuk di masa pemerintahan Trump, kemudian Joe Biden.

Perusahaan itu sendiri telah mengatakan akan mengambil tindakan hukum jika RUU tersebut ditandatangani untuk kemudian berubah menjadi undang-undang.

Hal itu akan membuat platform TikTok mengandalkan argumen Amandemen Pertama, seperti yang telah dilakukan untuk menangkis larangan negara bagian di Montana, dalam upaya yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Dalam hal lain, penantang Biden, Donald Trump - yang sebelumnya mencoba untuk melarang aplikasi ini — bisa jadi akan memberikan penangguhan pada platform ini, jika ia memenangkan pemilu pada bulan November.

Mantan presiden AS ini telah menyuarakan kekhawatiran bahwa pelarangan TikTok akan meningkatkan sang rival, Meta Platform.

Kini Beijing harus menunggu untuk melihat bagaimana hasil pemilu AS, kata Zhu Feng, dekan eksekutif Sekolah Studi Internasional Universitas Nanjing, yang menyoroti bahwa undang-undang tersebut berdampak pada kedua negara. 

Larangan semacam ini tidak hanya merugikan Cina, tambahnya, “tetapi juga merugikan 170 juta pengguna aplikasi ini di Amerika.”

(bbn)

No more pages