Logo Bloomberg Technoz

Rencana pengeluaran kembali menggarisbawahi perlombaan global untuk memasok hardware  dan komponen yang penting untuk menciptakan layanan AI generatif di seluruh dunia.

SK Hynix, yang melaporkan hasil kuartalan pada hari Kamis waktu setempat, adalah pemimpin produsen cip canggih saat ini. Cip buatan SK Hynix punya kemampuan bandwidth tinggi (high-bandwidth memory/HBM) yang dirancang untuk AI. 

Perusahaan tengah mempertahankan keunggulan tersebut. SK Hynix untuk saat ini kalah bersaing dengan Samsung Electronics Co untuk memasok apa yang disebut chip HBM, yang bekerja dengan baik dengan akselerator yang dirancang oleh Nvidia Corp.

Meski begitu, Samsung berjanji untuk memfokuskan sumber dayanya yang tangguh untuk mengejar ketertinggalan dalam memori kelas atas.

SK Hynix pada bulan Desember menjadi perusahaan paling bernilai kedua di Korea Selatan, dan sahamnya telah naik 27% sepanjang 2024.

Ilustrasi Produksi Cip Memori Bandwidth Tinggi.

Kenaikan ditopang oleh penilaian para investor bahwa AI dan pemulihan belanja TI akan melambungkan pasar dari kemerosotan yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Minggu ini, pemimpin industri Texas Instruments Inc menyampaikan perkiraan pendapatan yang bullish.

Perusahaan Korea ini melakukan ekspansi menjelang rebound yang telah diantisipasi sebelumnya. SK Hynix memperkirakan permintaan untuk HBM akan tumbuh 60% per tahun di tahun-tahun mendatang, bahkan ketika penjualan DRAM biasa meningkat seiring dengan menjamurnya pusat data.

SK Hynix berencana menempatkan pabrik terbarunya di dekat basis produksi yang sudah ada di Cheongju. Perusahaan juga berekspansi di Amerika Serikat, dengan rencana untuk membelanjakan US$3,9 miliar dolar untuk pabrik pengemasan canggih dan pusat penelitian untuk produk kecerdasan buatan di Indiana. 

Secara terpisah, SK Hynix melanjutkan investasi domestik lainnya termasuk di Klaster Yongin Semiconductor, di mana perusahaan ini akan menginvestasikan sekitar 120 triliun won dalam jangka panjang.

SK Hynix berencana untuk memulai pembangunan pabrik pertama di Yongin pada bulan Maret 2025 dan menyelesaikannya pada bulan Mei 2027. Sejak tahun 2014, SK Hynix telah menginvestasikan 46 triliun won untuk membangun tiga pabrik baru di negara ini.

(bbn)

No more pages