Logo Bloomberg Technoz

Kian Tegang, 5 Roket Irak Serang Pangkalan Militer AS di Suriah

Redaksi
22 April 2024 08:50

Ilustrasi ledakan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ledakan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lima roket diluncurkan dari kota Zummar di Irak menuju pangkalan militer AS di timur laut Suriah pada Minggu (21/04/2024).

Seperti dilaporkan Reuters, menurut laporan dua sumber keamanan Irak, serangan terhadap pasukan AS ini merupakan yang pertama dilakukan oleh Irak sejak awal Februari. Kala itu, kelompok-kelompok yang didukung oleh Iran di Irak memutuskan menghentikan serangan mereka terhadap pasukan AS. 

Serangan ini terjadi satu hari setelah Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani kembali dari kunjungannya ke AS dan bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Sebelum serangan ini, dilaporkan ledakan besar terjadi di sebuah pangkalan militer Irak di Kalso, sekitar 50 km selatan Baghdad, pada Jumat (19/04/2024). Satu orang anggota pasukan keamanan Irak, PMF, dilaporkan tewas. 

"Ledakan tersebut telah menyebabkan kerusakan material dan korban luka-luka," kata PMF dalam sebuah pernyataan, dan menambahkan bahwa sebuah tim sedang melakukan penyelidikan.