Logo Bloomberg Technoz

Meskipun para pejabat mengatakan pembangkit listrik tersebut terutama akan digunakan untuk menyeimbangkan pembangkitan listrik tenaga angin dan surya yang berkembang pesat, ledakan pembangunan pembangkit batu bara telah menimbulkan pertanyaan tentang komitmen iklim China dan menghambat upaya global untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil paling kotor itu.

“Lonjakan baru-baru ini dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga batu bara di China sangat kontras dengan tren global, sehingga membahayakan target iklim China pada 2025,” kata Qi Qin, analis di Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih, yang berkontribusi pada laporan tersebut.

China menambahkan lebih dari 47 gigawatt pembangkit listrik tenaga batu bara baru pada tahun lalu dan hanya menghentikan 3,7 gigawatt, menurut laporan tersebut.

Indonesia menambah 5,9 gigawatt pembangkit listrik, termasuk beberapa pembangkit listrik untuk menggerakkan industri pengolahan logam yang sedang berkembang, sementara India meningkatkan kapasitasnya sebesar 5,5 gigawatt.

Kapasitas global di luar China meningkat untuk pertama kalinya sejak tahun 2019, salah satunya didorong oleh paling sedikitnya penghentian pembangkit listrik tenaga batu bara dalam lebih dari satu dekade.


Isu dari China dalam Pantauan:

  • Investor China mengambil saham-saham yang terkait dengan logam-logam yang sedang naik daun, mulai dari tembaga hingga emas, sehingga membantu pasar dalam negeri menghadapi perjuangan berat untuk memperkuat rebound yang baru terjadi.
  • Data perdagangan China untuk Maret kemungkinan akan menunjukkan pertumbuhan ekspor yang lebih lambat, menurut Bloomberg Economics.
  • Membaiknya hubungan antara Beijing dan Canberra mencerahkan prospek saham-saham Australia yang menghadapi pembatasan perdagangan, dengan pembuat anggur dan beberapa sektor pertanian dipandang sebagai penerima manfaat utama.
  • Sebuah tambang tembaga milik China di Peru yang berulang kali mengalami blokade jalan oleh masyarakat setempat menghadapi gangguan baru untuk pertama kalinya dalam setahun.

Agenda China Pekan Ini:

Kamis, Kamis 11 April:

  • Data inflasi China untuk Maret, 09:30
  • China akan merilis pembiayaan agregat & jumlah uang beredar bulan Maret pada 15 April
  • Laporan pasokan-permintaan tanaman CASDE bulanan China

Jumat, 12 April:

  • Data perdagangan China gelombang pertama Maret, termasuk ekspor baja, aluminium & logam tanah jarang; impor baja, bijih besi & tembaga; impor kedelai, minyak nabati, karet dan daging & jeroan; impor minyak, gas & batubara; impor & ekspor produk minyak. ~11:00
  • Stok pelabuhan bijih besi mingguan China
  • Persediaan komoditas mingguan pertukaran Shanghai, ~15:30

(bbn)

No more pages