Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah pertama kalinya Zuckerberg masuk ke tiga besar dalam peringkat orang terkaya Bloomberg sejak 16 November 2020, ketika dia memiliki kekayaan US$105,6 miliar dan kekayaan Musk adalah US$102,1 miliar. Musk sekarang memiliki kekayaan bersih sebesar US$180,6 miliar; kekayaan Zuckerberg adalah US$186,9 miliar.

Pembalikan kesenjangan kekayaan antara Musk dan Zuckerberg, yang pernah mencapai US$215 miliar pada November 2021, menggambarkan bagaimana saham kendaraan listrik yang pernah populer telah digantikan oleh teknologi besar, dan khususnya apa pun yang melibatkan kecerdasan buatan.

Saham Tesla telah turun 34% tahun ini, menjadikannya yang terburuk di Indeks S&P 500. Saham tersebut telah terpukul oleh perlambatan permintaan kendaraan listrik secara global, persaingan yang meningkat di China, dan masalah produksi di Jerman. Sementara itu, Meta telah melonjak 49% berkat pendapatan kuartalan yang kuat dan kegembiraan tentang inisiatif AI perusahaan. Ini adalah performer kelima terbaik di S&P 500.

Persaingan antara dua miliarder ini meluas melebihi kekayaan mereka: Musk dan Zuckerberg telah terlibat dalam perseteruan publik yang berkelanjutan yang memuncak ketika Meta meluncurkan Threads, sebuah platform media sosial yang bersaing dengan X milik Musk. 

Kedua orang bahkan saling melempar cemoohan tahun lalu tentang kemungkinan pertarungan di dalam kandang. Musk, 52, baru-baru ini menghidupkan kembali ide tersebut di X, mengatakan dia akan bertarung dengan Zuckerberg, 39, "kapan saja, di mana saja."

Kekayaan bersih Musk bisa mengalami pukulan lebih lanjut setelah paket gaji Tesla senilai US$55 miliar miliknya ditolak oleh seorang hakim Delaware. Indeks Miliarder Bloomberg terus menggunakan opsi dari paket gaji tersebut, yang merupakan salah satu aset terbesar Musk, dalam perhitungan kekayaannya.

Bernard Arnault, ketua raksasa mewah LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton, dan pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos menduduki dua posisi teratas dalam peringkat kekayaan Bloomberg dengan kekayaan US$223,4 miliar dan US$207,3 miliar, masing-masing.

(bbn)

No more pages