Logo Bloomberg Technoz

"Kami melihat petunjuk-petunjuk yang lebih menarik mengenai siklus dan kemiringan nilai di lingkungan pasar ekuitas global dalam beberapa minggu terakhir, dan lingkungan seperti ini cenderung menguntungkan pasar ekuitas Asia pada umumnya," kata Homin Lee, ahli strategi makro senior di Lombard Odier. "Kita akan melihat apakah laporan CPI AS untuk bulan Maret besok akan mengubah dinamika ini."

Yen tetap berada di dekat level terendah tahun ini di 151,97 per dollar, dan 152 - sebuah level kunci yang menurut banyak orang akan memicu pihak berwenang Jepang untuk bertindak.

Di tempat lain, minyak diperdagangkan di dekat level tertinggi lima bulan karena para investor mempertimbangkan ketegangan yang membara di Timur Tengah dan kekhawatiran pasokan yang terus-menerus.

West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di bawah US$87 per barel setelah ditutup lebih rendah pada hari Senin untuk pertama kalinya dalam tujuh sesi. Para pejabat Israel mengatakan bahwa kemajuan telah dicapai dalam negosiasi gencatan senjata di Gaza, yang menandakan potensi meredanya permusuhan, tetapi Hamas membantah klaim tersebut. 

harga minyak

Inflasi 
Para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan indeks harga konsumen pada hari Rabu akan menunjukkan pelonggaran tekanan inflasi. Namun, indeks inti, yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, akan naik 3,7% dari tahun sebelumnya - di atas target 2% dari The Fed.

"Setelah gerhana matahari pada hari Senin, inflasi inti AS akan menentukan apakah bayangan bahwa pasar akan semakin memperkirakan penurunan suku bunga pada bulan Juni akan semakin besar atau akan berlalu begitu saja," ujar para ahli strategi Morgan Stanley termasuk Matthew Hornbach. 

Dengan beberapa anggota the Fed mempertanyakan kebijaksanaan penurunan suku bunga jika inflasi tetap dalam pola bertahan yang "lengket", angka inflasi minggu ini mungkin akan sangat berpengaruh, menurut Chris Larkin di E*Trade dari Morgan Stanley.

"Sementara the Fed ragu-ragu untuk membaca terlalu banyak data inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan selama dua bulan berturut-turut, bulan ketiga mungkin membuat mereka mengubah sikap," katanya.

yield obligasi

Kontrak swap mengimplikasikan sekitar 60 basis poin pelonggaran moneter AS tahun ini, yang berarti dua kali pemangkasan adalah hasil yang paling mungkin terjadi dengan pemangkasan pertama diperkirakan terjadi pada bulan September, menurut harga Bloomberg. Pada hari Jumat, peluang pemangkasan ketiga masih di atas 50%.

"Ketahanan inflasi baru-baru ini mengurangi kesegeraan penurunan suku bunga, yang memberikan lebih banyak tekanan pada pendapatan untuk mendorong kenaikan pasar di masa depan," kata Richard Saperstein di Treasury Partners. "Mengingat kelipatan pasar yang meningkat dan kenaikan imbal hasil obligasi, kami tetap berhati-hati terhadap saham sampai musim laporan keuangan memberikan bukti yang jelas mengenai pertumbuhan pendapatan."

Pada komoditas lain, emas memegang rekor tertinggi, naik lebih dari 17% sejak pertengahan Februari.

(bbn)

No more pages