Logo Bloomberg Technoz

Gubernur The Fed Minneapolis, Neel Kashkari, mengatakan pada Kamis bahwa pemangkasan suku bunga mungkin tidak diperlukan tahun ini jika kemajuan dalam inflasi terhenti. Dia termasuk di antara lebih dari setengah lusin pejabat bank sentral yang berbicara menjelang rilis data. Sementara itu, rekannya dari The Fed Cleveland, Loretta Mester, mengatakan bank sentral bisa jadi semakin dekat dengan tingkat keyakinan yang dibutuhkan untuk mulai menurunkan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

"Seperti biasa, laporan pekerjaan bulanan akan menentukan keputusan akhir," kata Chris Larkin di E*Trade dari Morgan Stanley. "Investor akan mencari 'angka Goldilocks' yang tidak akan memberi alasan bagi The Fed untuk menunda penurunan suku bunga, tetapi juga tidak menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja sedang mengalami penurunan serius."

Minyak mentah Brent melampaui US$90 per barel ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada pertemuan kabinet keamanan bahwa negaranya akan bertindak melawan Iran dan proksinya, dan akan melukai mereka yang ingin menyakitinya. Presiden Joe Biden mengatakan kepada Netanyahu melalui telepon bahwa dukungan AS untuk perangnya akan bergantung pada langkah-langkah baru untuk melindungi warga sipil.

Harga minyak brent. (Sumber: Bloomberg)

"Jika kita melihat konflik langsung antara Israel dan Iran, itu adalah sesuatu yang kemungkinan akan membatasi pasokan minyak yang berasal dari Timur Tengah," kata Matt Maley di Miller Tabak + Co. "Itu bukan masalah sampai sekarang, tapi bisa menjadi masalah dengan sangat cepat."

Indeks dolar sedikit berubah pada Kamis. Pasar mata uang sebagian besar tidak bergejolak pada awal perdagangan Jumat dengan yen bertahan di 151 per dolar. Sebelumnya, mata uang Jepang mengalami kenaikan paling besar dalam hampir sebulan, mundur dari level yang diperkirakan para pedagang akan memicu intervensi Jepang.

Gubernur bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ), Kazuo Ueda, mengatakan kepastian lebih lanjut tentang pencapaian target inflasi bank sentral diperlukan sebelum keputusan tentang kenaikan suku bunga dibuat.

Dalam komoditas, emas sedikit lebih rendah pada hari Kamis setelah menyentuh rekor baru awal pekan ini. Tembaga naik ke level tertinggi dalam 14 bulan, melanjutkan reli yang dimulai pada Februari di logam industri sebagai penanda awal sebagai respons terhadap risiko pasokan yang meningkat.

(bbn)

No more pages