Logo Bloomberg Technoz

Bos PT Timah Klaim Tak Ikut Korupsi, Akui Pengawasan TINS Lemah

Dovana Hasiana
03 April 2024 05:00

Para pekerja mengemas timah batangan untuk diekspor di pabrik timah PT Timah di Pangkal Pinang, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian
Para pekerja mengemas timah batangan untuk diekspor di pabrik timah PT Timah di Pangkal Pinang, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Timah Tbk (TINS) Ahmad Dani Virsal memastikan dirinya tidak terlibat dalam kasus dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan (IUP) perseroan selama 2015—2022.

“Saya sendiri sangat terbuka dan memastikan saya tidak terlibat dalam kejadian yang terjadi selama ini dari 2015—2022 yang sedang diangkat Kejaksaan Agung,” ujar Ahmad dalam agenda rapat dengar pendapat dengan Komisi VI, Selasa (2/4/2024).

Menurut Ahmad, pascakorupsi tersebut, dirinya juga tengah melakukan program pemulihan untuk menata ulang perseroan karena kasus penegakan hukum membuat perseroan dalam kondisi tidak baik.

Ada beberapa memang yang menjadi kelemahan kerja sama yang kita lakukan dengan mitra selama ini, tidak dilakukan secara good corporate governance (GCG) dan perlu pengawasan lebih ketat lagi.

Direktur Utama PT Timah Tbk (TINS) Ahmad Dani Virsal

Sejak Januari 2024, kata Ahmad, TINS telah melakukan penataan kembali soal tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta kewenangan dari masing-masing direksi. 

Rombak Tata Kelola