Logo Bloomberg Technoz

Perang Bayangan Israel-Iran Capai Fase Baru yang Berbahaya

News
03 April 2024 04:00

Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)

Ethan Bronner - Bloomberg News

Bloomberg, Perang bayangan antara Israel dan Iran telah membentuk Timur Tengah selama beberapa dekade. Dari sekian banyak konflik yang mengguncang kawasan ini, konflik mereka telah lama menjadi salah satu yang paling eksplosif.

Keduanya telah saling menyerang--sebagian besar secara diam-diam dan dalam kasus Iran sering kali melalui proksi--sambil menghindari eskalasi menjadi perang langsung. Namun, seiring dengan berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok Palestina Hamas yang didukung Iran dan kelompok-kelompok militan lain yang didukung Iran ikut bertempur, perang bayangan ini telah memasuki fase baru yang berbahaya.

TV pemerintah Iran melaporkan pada 1 April bahwa sebuah serangan udara Israel yang menargetkan gedung-gedung diplomatik negara itu di ibukota Suriah, Damaskus, telah menewaskan, di antaranya, seorang komandan tinggi Korps Garda Revolusi Islam, pasukan keamanan utama Iran.

Ini merupakan serangan mematikan terbaru dalam beberapa bulan terakhir terhadap Garda Revolusi di Suriah yang dituduhkan kepada Israel. Pada 15 Januari, Iran menggunakan rudal untuk menyerang apa yang dikatakannya sebagai pangkalan mata-mata Israel di Irak.