Logo Bloomberg Technoz

"Kami juga melihat bahwa Amerika Serikat, melalui berbagai saluran, berusaha meyakinkan satelitnya dan negara-negara lain di dunia bahwa menurut data intelijen mereka, seharusnya tidak ada jejak Kyiv dalam serangan teroris di Moskow, bahwa serangan teroris berdarah itu dilakukan oleh pengikut Islam, anggota organisasi ISIS yang dilarang di Rusia," kata Putin.

"Satu-satunya tujuan Kremlin adalah untuk memotivasi lebih banyak orang Rusia untuk mati dalam perang yang tidak masuk akal dan kriminal melawan Ukraina," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba dalam sebuah unggahan di X, yang sebelumnya bernama Twitter. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyebut serangan itu sebagai operasi bendera palsu oleh Rusia.

Awal bulan ini, AS berbagi informasi dengan Rusia tentang kemungkinan serangan teroris di Moskow, yang secara terbuka dibantah oleh Putin sebagai upaya "untuk mengintimidasi dan mengacaukan masyarakat kita" tiga hari sebelum Balai Kota Crocus diserang.

Kekerasan tersebut merupakan korban jiwa terbesar akibat serangan militan di Moskow sejak separatis Chechnya menyandera teater Nord-Ost pada 2002. Sedikitnya 170 orang, termasuk puluhan penyerang, tewas dalam misi penyelamatan yang gagal.

Sebelumnya, pada Senin, pihak berwenang Rusia menunjukkan rekaman video empat pria yang didakwa melakukan serangan di gedung konser tersebut setelah diinterogasi dan ditelusuri asal-usulnya ke Tajikistan.

Dua dari mereka mengaku bersalah atas keterlibatannya, kata layanan pengadilan Moskow melalui saluran Telegram. Keempatnya ditahan hingga 22 Mei. Tidak ada informasi mengenai pengakuan bersalah dari dua orang lainnya.

Pengadilan Moskow juga memerintahkan tiga orang lagi untuk ditahan sehubungan dengan serangan itu, kata layanan Telegram.

Skala tragedi ini telah mengejutkan warga Rusia dan menghancurkan ilusi stabilitas di kota yang sebagian besar tak tersentuh oleh kekerasan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Reaksi Putin menimbulkan kekhawatiran di Rusia bahwa ia bahkan bisa memerintahkan pengerahan massa untuk melanjutkan perang yang kini sudah memasuki tahun ketiga.

Putin mengatakan dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi pada Sabtu bahwa dinas keamanan telah menangkap keempat tersangka saat mereka mencoba melarikan diri ke Ukraina. Meskipun ia tidak secara langsung menuduh pihak berwenang Ukraina terlibat dalam serangan tersebut, Putin mengatakan bahwa sebuah "jendela" telah disiapkan bagi para tersangka untuk menyeberangi perbatasan.

Serangan tersebut terjadi kurang dari seminggu setelah Putin mengukuhkan cengkeramannya di Rusia dengan mengklaim masa jabatan kelima dengan 87% suara dalam pemilihan presiden yang hasilnya telah ditentukan sebelumnya. Hasil Pemilu ini memungkinkan Kremlin untuk mengklaim bahwa ia memiliki dukungan publik yang besar untuk melanjutkan perangnya di Ukraina dan konfrontasi dengan Barat.

(bbn)

No more pages