Logo Bloomberg Technoz

"Kami memiliki perusahaan yang hebat dan merasa sangat terhormat," kata Eric Trump, wakil presiden eksekutif Trump Organization, dalam sebuah pernyataan.

Trump, 77 tahun, sudah kaya sepanjang hidupnya. Namun kekayaannya, yang sebelumnya mencapai US$3,1 miliar, sebagian besar terdiri dari properti real estat, yang nilainya diketahui telah digelembungkan sebesar miliaran dolar per tahun selama lebih dari satu dekade untuk mendapatkan persyaratan pinjaman yang lebih baik.

Kekayaannya yang tidak likuid menciptakan potensi krisis keuangan menjelang tenggat waktu hari Senin untuk membayar vonis US$454 juta atau memberikan jaminan sebesar 120% dari vonis tersebut sementara ia mengajukan banding. Jaksa Agung New York Letitia James mengisyaratkan bahwa ia siap untuk menyita aset jika Trump tidak mematuhinya.

Trump bersumpah untuk segera menyetor uang tunai atau obligasi untuk menutupi jumlah yang diturunkan. Saat ini, ia tidak dapat menguangkan rezeki nomploknya dari merger Trump Media dengan Digital World Acquisition Corp karena sahamnya terkunci selama kurang lebih enam bulan.

Saham DWAC ditutup pada harga US$49,95 pada Senin, naik sekitar 185% sejak awal tahun. Nilai 58% saham Trump di perusahaan ini mencapai US$3,9 miliar. (Saham ini diperkirakan akan mulai diperdagangkan dengan kode DJT pada Selasa).

Donald Trump

Penyelesaian merger, yang berhasil mengatasi berbagai rintangan termasuk investigasi dan penyelesaian dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS serta tuntutan hukum di menit-menit terakhir dari para eksekutif dan investor, berarti saham tersebut kini masuk dalam perhitungan kekayaan bersih Trump oleh Bloomberg. Sebelumnya, sahamnya hanya bernilai 22,5 juta dolar AS, berdasarkan formulir pengungkapan keuangan terbarunya.

Revisi kekayaannya membuat Trump, yang berkampanye untuk kembali ke Gedung Putih, memiliki kekayaan yang hampir sama dengan Joe Ricketts, Gordon Getty, dan Tony James, menurut indeks kekayaan Bloomberg, yang telah menghitung kekayaan bersih Trump sejak tahun 2015.

Angka tersebut, yang secara konsisten berada di bawah perkiraan Trump sendiri, didasarkan pada pengungkapan etika yang diwajibkan bagi para kandidat presiden, pengajuan publik yang terkait dengan kepemilikan real estat utama, dan pelaporan staf.

(bbn)

No more pages