Logo Bloomberg Technoz

"Meskipun begitu, memulihkan stabilitas harga sepenuhnya mungkin memerlukan pendekatan yang hati-hati dalam melonggarkan kebijakan moneter dari waktu ke waktu."

Perekonomian AS terus mengejutkan para ekonom dengan kekuatannya meskipun biaya pinjaman yang tinggi. Para pengusaha telah menambahkan rata-rata 231.000 penggajian selama enam bulan terakhir. Pejabat Fed merevisi naik proyeksi pertumbuhan 2024 mereka minggu lalu menjadi 2,1% dari 1,4% di Desember.

Sementara itu, pengukur inflasi utama telah melampaui ekspektasi para ekonom sepanjang tahun ini, meningkat pada laju yang lebih cepat dari perkiraan pada Januari dan Februari. Hal ini telah mendorong kembali ekspektasi pasar untuk penurunan suku bunga pertama, yang saat ini diantisipasi oleh para investor akan terjadi pada Juni.

"Jalur disinflasi, seperti yang diharapkan, telah bergelombang dan tidak merata, namun pendekatan yang hati-hati terhadap penyesuaian kebijakan lebih lanjut dapat memastikan bahwa inflasi akan kembali secara berkelanjutan ke 2% sambil berusaha mempertahankan pasar tenaga kerja yang kuat," kata Cook.

Cook, yang ditunjuk oleh Biden, bergabung dengan Dewan The Fed pada Mei 2022, dan sebelumnya adalah seorang profesor ekonomi di Michigan State University.

Gubernur Fed Atlanta Raphael Bostic, anggota pemungutan suara dari Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan kebijakan tahun ini, mengulangi pada Senin bahwa ia memperkirakan hanya satu kali pemangkasan untuk tahun 2024. Kepala Chicago Austan Goolsbee mengatakan bahwa ia termasuk di antara para pembuat kebijakan yang masih mengantisipasi tiga kali pemangkasan tahun ini.

(bbn)

No more pages