Logo Bloomberg Technoz

"Kami menduga bahwa solusi yang diajukan oleh ketiga perusahaan tersebut tidak sepenuhnya mematuhi DMA," kata kepala antimonopoli UE Margrethe Vestager.

Facebook. (Dok: Bloomberg)

Komisi juga memperingatkan tentang pengawasan lebih lanjut terhadap struktur biaya baru Apple untuk toko aplikasi alternatif dan praktik peringkat Amazon.com Inc. di pasarannya.

Untuk Apple, penyelidikan UE datang sebagai pukulan ganda dengan penyelidikan antimonopoli besar-besaran di AS. 

Di mana Departemen Kehakiman dan 16 jaksa agung menggugat perusahaan tersebut minggu lalu, menuduh pembuat iPhone melanggar undang-undang antimonopoli dengan memblokir pesaing dari mengakses fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada perangkat populer mereka. 

UE juga baru-baru ini mengenakan denda kepada Apple sebesar €1,8 miliar (Rp30 triliun) karena memblokir aplikasi streaming musik dari menginformasikan pengguna tentang penawaran yang lebih murah.

Google. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg melaporkan minggu lalu bahwa penyelidikan UE terhadap Apple, Google, dan Meta segera dilakukan.

Di bawah DMA, enam raksasa teknologi — Alphabet, Apple, Amazon, Meta, pemilik TikTok ByteDance Ltd., dan Microsoft Corp. — tunduk pada berbagai larangan dan kewajiban baru.

Untuk Apple, itu berarti harus membuka ekosistem aplikasi iPhone yang sebelumnya tertutup dan memungkinkan pengguna untuk mengunduh perangkat lunak dari toko online lain dan dari web.

Upaya Apple untuk mematuhi aturan di UE melibatkan pembuangan komisi hingga 30% yang telah dikenakan pada pengembang sejak App Store diluncurkan pada tahun 2008. 

Namun, perusahaan telah menambahkan biaya lain untuk pembuat perangkat lunak termasuk biaya pemrosesan pembayaran 3% untuk aplikasi yang menggunakan sistem pembelian dalam aplikasi Apple. 

Perusahaan juga mengenakan biaya €0,50 per pemasangan aplikasi — melalui toko Apple atau pasar pihak ketiga — untuk perangkat lunak yang dipasang lebih dari 1 juta kali dalam periode 12 bulan.

Tahun lalu, Google menghadapi kasus penyalahgunaan dominasi keempatnya di UE dalam beberapa tahun terakhir — dengan pengawas Brussels menyelidiki perilaku perusahaan dalam teknologi periklanan. Ini datang setelah denda lebih dari €8 miliar dari UE, sebagai bagian dari tiga keputusan lain yang masih ditantang melalui pengadilan blok tersebut.

Sementara itu, Meta terus menghadapi penyelidikan penyalahgunaan dominasi UE yang berkelanjutan terhadap Facebook Marketplace, yang menurut komisi merugikan persaingan bagi pesaing iklan baris.

(bbn)

No more pages