Logo Bloomberg Technoz

Reddit, yang penggunanya membantu menciptakan kegilaan saham meme pada 2021, akan memiliki nilai pasar sebesar US$5,4 miliar (Rp84 triliun), berdasarkan hampir 159 juta saham yang beredar. 

Dengan sepenuhnya disesuaikan untuk memasukkan opsi saham karyawan dan unit saham terbatas, valuasi perusahaan akan mencapai sekitar US$6,4 miliar (Rp99 triliun), menunjukkan pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Sekitar 8% dari saham IPO disisihkan untuk pengguna Reddit dan moderator yang membuat akun sebelum 1 Januari, serta beberapa anggota dewan dan teman serta keluarga dari beberapa karyawan dan direktur. 

Saham tersebut tidak akan dikunci, artinya pemiliknya dapat menjualnya pada hari pembukaan perdagangan, menurut pengajuan Reddit yang mengonfirmasi laporan sebelumnya oleh Bloomberg.

Menurut dokumen pengajuan, IPO ini dipimpin oleh Morgan Stanley, Goldman Sachs Group Inc, JPMorgan Chase & Co, dan Bank of America Corp. Reddit berencana untuk sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek New York dengan simbol RDDT.

Sumber yang tidak ingin disebut namanya mengatakan perusahaan berniat menetapkan harga IPO pada 20 Maret dan mulai diperdagangkan keesokan harinya. 

Seorang perwakilan untuk Reddit tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai waktu tersebut.

Valuasi Reddit

Menurut data Bloomberg, lebih dari dua tahun perjalanan Reddit menuju pencatatan mencerminkan pasang surut pasar, dimulai dengan pengajuan rahasia awalnya pada tahun 2021, ketika IPO di bursa AS mencetak rekor sepanjang masa sebesar US$339 miliar.

Reddit mengumpulkan dana pada tahun tersebut yang membuat nilai perusahaan sebesar US$10 miliar, dan Bloomberg melaporkan pada tahun berikutnya bahwa perusahaan tersebut bisa memiliki valuasi hingga US$15 miliar dalam sebuah IPO.

Sementara itu, IPO di AS anjlok, hanya mencapai US$26 miliar tahun lalu. Pada bulan Januari, Bloomberg melaporkan bahwa Reddit sedang menimbang masukan dari pertemuan awal dengan investor IPO potensial bahwa perusahaan tersebut harus mempertimbangkan valuasi setidaknya US$5 miliar.

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang masuk dalam daftar perusahaan publik baru dan yang akan segera menjadi perusahaan publik tahun ini. 

Pencatatan terbesar adalah penawaran senilai US$1,57 miliar oleh Amer Sports Inc. pada Januari. 

Astera Labs Inc., pembuat perangkat lunak yang berfokus pada kecerdasan buatan, mengatakan dalam pengajuan pada Jumat bahwa mereka akan mengincar hingga US$534 juta dalam IPO-nya, yang kemungkinan akan dilanjutkan dengan IPO Reddit.

(bbn)

No more pages