Logo Bloomberg Technoz

Seorang pejabat senior Mesir yang terlibat dalam negosiasi menyatakan bahwa gencatan senjata selama enam minggu akan mulai berlaku dalam waktu dekat. 

2. Hamas Akan Membebaskan 40 Sandera Israel

Pejabat senior Mesir mengatakan Hamas akan setuju untuk membebaskan hingga 40 sandera asal Israel. Sebagian besar dari mereka adalah perempuan sipil, dua anak, dan tawanan yang sakit dan lanjut usia. Israel ingin sandera yang akan dibebaskan termasuk tentara wanita yang ditahan.

3. Israel Akan Bebaskan 300 Tahanan Palestina

Menurut pejabat Mesir, sebanyak 300 tahanan Palestina akan dibebaskan dari penjara Israel.

4. Israel Akan Izinkan Warga Palestina yang Telantar Pulang ke Gaza Utara 

Israel akan mengizinkan para warga Palestina yang telantar untuk pulang ke wilayah tertentu di Gaza utara. Wilayah tersebut adalah tujuan pertama serangan darat Israel, dan saat ini telah mengalami kerusakan yang signifikan. 

5. Pengiriman Bantuan Kemanusiaan ke Gaza 500 Truk Per Hari

Pejabat Mesir mengatakan bahwa selama gencatan senjata, pengiriman bantuan akan meningkat, dengan 300 hingga 500 truk masuk ke wilayah yang terkepung setiap hari, jauh lebih banyak daripada jumlah rata-rata truk yang masuk setiap hari sejak perang dimulai. Israel akan membantu pengiriman ke wilayah Gaza karena pasukannya tidak akan diserang oleh mereka dan polisi akan mengawasi konvoi bantuan.

6. Israel Harus Tarik Pasukannya dari Wilayah Tertentu dan Tak Boleh Ditempati Hamas

Pejabat Mesir menyatakan bahwa Israel harus menarik pasukan dari beberapa wilayah Gaza, yang tidak dapat ditempati Hamas. Namun demikian, Hamas tidak boleh memasuki wilayah yang telah dibiarkan oleh pasukan Zionis. Sejauh ini, Hamas menolak gagasan ini.

7. Hamas Harus Berhenti Tembakkan Roket ke Israel Selatan

Pejabat Mesir mengatakan rezim Zionis menginginkan Hamas berhenti menembakkan roket ke Israel selatan. Hamas juga menolak gagasan ini. Meskipun para negosiator, terutama AS, berharap kesepakatan gencatan senjata terbaru itu akan tercapai, Israel dan Hamas menunjukkan bahwa itu tidak akan terjadi.

(ros)

No more pages