Logo Bloomberg Technoz

Saham Astra Internasional (ASII) Kembali Ambles 1,48% ke Rp5.000

Mis Fransiska Dewi
29 January 2024 10:25

Toyota Raize, produk buatan Astra Daihatsu Motor-ADM Indonesia. (Dok: Toyota Astra)
Toyota Raize, produk buatan Astra Daihatsu Motor-ADM Indonesia. (Dok: Toyota Astra)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham PT Astra International Tbk (ASII) masih dalam tren pelemahan usai komentar analis bahwa pangsa pasar otomotif perusahaan akan tergerus signifikan dalam dua tahun ke depan. Pada awal perdagangan ASII terus melemah.

Astra masih dalam tekanan jual oleh investor di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan hingga sesi I perdagangan pukul 10:00 WIB saham ASII sudah berada di level Rp5.000/saham. Artinya terjadi penurunan lanjutan sekitar 75 poin (1,48%) dalam tempo singkat.

Pada seminggu lalu Astra menjadi saham yang paling tertekan dengan asing mencatat paling banyak melepas kepemilikan di ASII dengan nilai sekitar Rp1,01 triliun.

Astra dengan aksi investor asing buang saham, menjadikan nilainya turun 5,14% dalam sepekan hingga akhir perdagangan jumat pekan lalu di Rp5.075/saham.

Aksi jual terindikasi dari pernyataan analis banyak masuknya pabrikan mobil listrik terbesar di dunia asal China, Build Your Dreams (BYD) ke Indonesia melemahkan posisi Astra sebagai pemain besar otomotif domestik.