Logo Bloomberg Technoz

2. Jangan Biarkan Baterai Habis

Seringkali pengguna mobil listrik mengabaikan indikator baterai lemah dan terus menggunakannya sampai habis. Hal ini dapat merusak baterai karena memaksa baterai untuk bekerja dalam kondisi minimum. Untuk itu, disarankan agar pengguna mengisi daya baterai sesegera mungkin ketika indikator baterai menunjukkan tingkat pengisian daya yang rendah.

3. Hindari Penggunaan Berlebihan

Penggunaan mobil listrik yang berlebihan dapat mempersingkat masa pakai baterai. Lebih baik membatasi penggunaan mobil listrik untuk perjalanan jarak pendek dan menghindari penggunaan mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh atau dengan beban berat.

Pengunjung mengisi daya bateraimobil listrik SUV Volvo EX30 saat peluncurannya di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)

4. Jangan biarkan Baterai Terisi Penuh Terlalu Lama

Mengisi penuh baterai itu penting, tapi jangan biarkan terisi penuh terlalu lama. Ini dapat membuat baterai menjadi panas dan mempersingkat umurnya.

5. Jangan Melebihi Batas Kapasitas Baterai

Setiap baterai memiliki batas kapasitas yang harus dijaga agar tidak rusak. Dengan demikian, pengguna tidak boleh menggunakan mobil listrik sampai baterai benar-benar habis. Cobalah untuk selalu mengisi daya baterai sebelum mencapai batas kapasitas minimum.

Baterai mobil listrik adalah komponen yang sangat penting dalam kendaraan listrik. Seperti jenis baterai mobil listrik lainnya, perawatan yang tepat diperlukan untuk mempertahankan kinerja dan masa pakai baterai.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, pemilik mobil dapat memperpanjang masa pakai baterai dan menghemat biaya penggantian baterai.

(dov/wdh)

No more pages