Logo Bloomberg Technoz

Ekuador Memanas, AS akan Kirim Militer Tawarkan Bantuan

News
12 January 2024 11:10

Ilustrasi kerusuhan di Ekuador. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi kerusuhan di Ekuador. (Sumber: Bloomberg)

John Harney - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) akan mengirim pejabat tinggi militer, Departemen Luar Negeri, dan penegak hukum ke Ekuador untuk menawarkan bantuan saat negara itu menghadapi teror yang dilancarkan oleh geng-geng narkoba yang kuat.

Kunjungan selama beberapa minggu mendatang akan "mengeksplorasi bersama rekan-rekan Ekuador terkait cara-cara agar kami dapat bekerja bersama dengan lebih efektif untuk menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh organisasi kriminal transnasional," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam.

Pernyataan itu menunjukkan skala krisis, yang telah mengosongkan jalan-jalan di banyak kota. "Tingkat kekerasan dan terorisme yang mengerikan di tangan para penjahat narkotika yang menargetkan warga sipil tak berdosa. Lebih dari 100 petugas penjara disandera di beberapa lokasi."

Kekerasan melumpuhkan negara Andean itu ketika dua gembong narkoba melarikan diri dari penjara. Presiden Daniel Noboa, yang menjabat pada November, memerintahkan perburuan nasional.