Logo Bloomberg Technoz

AS Kipasi Ukraina Pertajam Strategi Balas Invasi Rusia

News
11 January 2024 06:10

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News, Alberto Nardelli and Jennifer Jacobs

Amerika Serikat menginginkan Ukraina mempertajam rencananya untuk melawan invasi Rusia saat perang memasuki tahun ketiga. Pembahasan strategi perang diperkirakan akan menjadi topik pembicaraan dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy di Davos pekan depan.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan kemungkinan akan membahas topik ini dengan pemimpin Ukraina di sela-sela Forum Ekonomi Dunia dan para pejabat Amerika. AS akan terus menekankan hal ini dalam beberapa minggu mendatang, menurut orang-orang yang mengetahui rencana tersebut dan meminta untuk tidak membahasnya. 

Upaya Washington adalah tanda terbaru perselisihan antara Ukraina dan sekutu terpentingnya. Lebih dari US$110 miliar bantuan Eropa dan AS untuk Kyiv masih tertahan dan serangan balasan Ukraina tahun lalu – yang sangat didukung oleh persenjataan dan pelatihan AS dan Eropa – gagal menghasilkan terobosan besar.

Para pejabat di Washington khawatir perbedaan pendapat antara Zelenskiy dan panglima militernya, Valeriy Zaluzhnyi, memperlambat upaya untuk mengkristalkan strategi baru, kata sumber tersebut.