Logo Bloomberg Technoz

Keamanan Medsos X DipersoalkanĀ Pasca Peretasan Akun SEC

News
10 January 2024 09:00

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Kurt Wagner—Bloomberg News

Bloomberg, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission/SEC) sebut bahwa akunnya di media sosial X telah “disusupi” hingga menyebabkan lonjakan harga Bitcoin. Hal yang sekaligus menimbulkan pertanyaan baru mengenai keandalan X sebagai sumber informasi, juga menerapkan keamanan siber di platform tersebut.

Insiden ini, salah satu pelanggaran paling besar dalam beberapa tahun terakhir di platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Dimulai dengan sebuah postingan di akun terverifikasi resmi SEC, yang secara tidak akurat memberitahukan bahwa mereka telah menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin.

Tema ETF Bitcoin Spot sudah diantisipasi untuk akhir minggu ini. Harga Bitcoin dengan cepat melonjak lebih dari 2,5% ketika postingan tersebut menyebar secara online dan melalui media, termasuk Bloomberg News, yang mengamati feed SEC untuk jelang pengumuman.

Reaksi pasar yang membuat Bitcoin naik cepat terdorong oleh postingan palsu dari akun SEC yang diretas. (Dok: Bloomberg)