Logo Bloomberg Technoz

ETF Bitcoin Tunggu Lampu Hijau dari SEC

News
08 January 2024 10:20

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Katie Greifeld dan Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Serangkaian tenggat waktu berisiko tinggi pekan ini akan menandai puncak dari dorongan panjang selama bertahun-tahun untuk meluncurkan bursa pertukaran yang didukung oleh Bitcoin di Amerika Serikat (AS).

Bloomberg News melaporkan, calon penerbit ETF Bitcoin diberi waktu hingga Senin pagi di Washington untuk mengajukan revisi pada menit-menit terakhir untuk aplikasi mereka yang tertunda. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) memiliki waktu hingga 10 Januari untuk mengambil tindakan pada setidaknya satu dari aplikasi tersebut, dan orang dalam kripto berspekulasi bahwa regulator akan menggunakan tanggal tersebut untuk mengumumkan banyak keputusan sekaligus.

Ada dua persyaratan teknis yang harus dipenuhi sebelum ETF Bitcoin yang didukung spot dapat mulai diperdagangkan. Pertama, SEC harus menandatangani apa yang disebut pengajuan 19b-4 oleh bursa yang akan mendaftarkan ETF. Kedua, regulator harus menyetujui formulir S-1 yang relevan, yang merupakan aplikasi pendaftaran dari calon penerbit--daftar yang mencakup BlackRock dan Fidelity.

SEC berencana untuk memberikan suara pada pengajuan bursa, 19b-4, dalam beberapa hari mendatang, demikian dilaporkan Bloomberg News. Regulator mungkin akan mengambil tindakan terhadap pengajuan emiten, S-1, pada waktu yang sama. Jika SEC memberikan kedua set persetujuan yang diperlukan, ETF dapat mulai diperdagangkan secepatnya pada hari kerja berikutnya.