Logo Bloomberg Technoz

Platform media sosial khusus perekrutan, LinkedIn, 

Di situs lowongan kerja CryptocurrencyJobs.co, yang mengenakan biaya untuk posting pekerjaan, Desember adalah salah satu bulan terbaik di tahun 2023 dalam hal pendapatan, kata Daniel Adler, pendiri situs web tersebut. 

Hampir sepanjang tahun 2023, PHK berlimpah, dengan perusahaan seperti Gemini Trust dan Binance.US memecat stafnya, dampak kerasnya peraturan, serta volume perdagangan yang rendah selama berbulan-bulan.

Perdagangan Kripto. (Dok: Bloomberg)

Situasi ini berdampak pada pendapatan bursa kripto.

Investasi modal ventura tetap turun tajam, dan banyak perusahaan startup atau rintisan yang akhirnya memberhentikan pekerja atau tidak mempekerjakan staf tambahan karena kekurangan dana. 

Reli harga yang berkepanjangan biasanya cenderung menghasilkan lebih banyak pendanaan untuk startup dan peningkatan perekrutan di masa mendatang.

Harga Bitcoin naik lebih dari dua kali lipat tahun lalu.

“Beberapa tim mungkin telah membuka posisi pekerjaan baru, tapi saya juga berpikir bahwa tim-tim tersebut menggunakan anggaran perekrutan mereka untuk membeli paket pekerjaan terlebih dahulu dan seterusnya,” kata Adler.

“Tampaknya ada lebih banyak optimisme di dunia ini. Saya pikir semuanya akan menjadi lebih jelas dalam beberapa minggu ke depan.”

Bursa exchanger terbesar di Amerika Serikat (AS), Coinbase Global Inc, telah mencantumkan lebih dari 70 posisi terbuka di situs webnya, sementara Gemini mencantumkan 60 posisi terbuka. 

Dengan harga koin yang menguat dalam beberapa bulan terakhir, bursa kripto telah melihat pemulihan dalam volume perdagangan mereka, yang erat kaitannya dengan pendapatan mereka.

Namun, sebagian besar pemulihan bergantung pada apakah reli harga terus berlanjut - dan apakah ETF Bitcoin atau dana yang diperdagangkan di bursa yang diinvestasikan langsung ke dalam Bitcoin disetujui di AS.

Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) diperkirakan akan memutuskan masa depan dana tersebut dalam beberapa hari ke depan.

(bbn)

No more pages