Logo Bloomberg Technoz

Rekrutmen Tenaga Kerja AS Meningkat, Kenaikan Upah Melambat

News
05 January 2024 08:20

Ilustrasi tenaga kerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi tenaga kerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News - 

Bloomberg, Rekrutmen tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) pada Desember meningkat diikuti oleh penurunan pertumbuhan upah, sejalan dengan prospek pertumbuhan ekonomi yang berlanjut dan inflasi yang kian landai. 

Data gaji perusahaan-perusahaan swasta mencatat kenaikan 164.000 pada Desember, terbesar sejak Agustus, berdasarkan data yang dilansir oleh ADP Research Insititute bekerja sama dengan Stanford Digital Economy Lab yang dilansir Kamis (4/1/2024). Angka itu melampaui perkiraan pasar kecuali satu prediksi dalam survei ekonom Bloomberg.

Kenaikan rekrutmen tenaga kerja itu dipimpin oleh sektor jasa termasuk rekreasi dan perhotelan serta pendidikan dan layanan kesehatan, sementara manufaktur memangkas lapangan kerja selama empat bulan berturut-turut. Wilayah Barat dan Timur Laut menambah lapangan pekerjaan, sedangkan wilayah Selatan dan Barat Tengah mengurangi lapangan kerja.

Rekrutmen tenaga kerja di AS pada Desember meningkat (Dok. Bloomberg)

Angka-angka tersebut memperlihatkan ketahanan pasar kerja pascapandemi di Amerika. Meskipun ada tanda-tanda permintaan tenaga kerja menurun, akan tetapi perusahaan-perusahaan masih merekrut pekerja dengan kecepatan yang sehat, angka pengangguran tetap rendah dan pekerja terus menikmati kenaikan upah yang berada di atas inflasi.