Logo Bloomberg Technoz

Nasib Trump di 2024 di Tangan MA Usai Didiskualifikasi Colorado

News
21 December 2023 05:15

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Greg Stohr - Bloomberg News

Bloomberg, Mahkamah Agung AS yang dibentuk oleh Donald Trump memainkan peran penting dalam menentukan apakah ia akan di penjara atau kembali ke Gedung Putih.

Trump bersumpah untuk meminta peninjauan kembali ke Mahkamah Agung setelah pengadilan tinggi Colorado pada Selasa melarangnya mengikuti pemilihan presiden tahun 2024 di sana, dengan mengatakan bahwa hasutannya atas serangan 6 Januari di Capitol mendiskualifikasinya dari jabatannya. Keputusan 4-3 hakim mengatakan bahwa di bawah klausul pemberontakan Konstitusi, ia telah kehilangan haknya untuk mencalonkan diri.

Pengadilan tinggi dapat memutuskan minggu ini apakah mereka akan menerima permintaan Penasihat Khusus Jack Smith untuk peninjauan jalur cepat atas upaya mantan presiden untuk mendapatkan kekebalan absolut dari tuntutan pidana atas upayanya untuk membatalkan hasil pemilihan presiden 2020.

Bersama-sama, kasus-kasus ini--dan kasus-kasus lain yang mungkin akan diajukan--menjanjikan untuk memberikan para hakim pengaruh yang sangat besar atas nasib hukum dan politiknya.