Logo Bloomberg Technoz

Saham Perusahaan Pelayaran Asia Mendaki Dipicu Konflik Laut Merah

News
18 December 2023 12:45

Ilustrasi Perusahaan Kapal Pelayaran (Jason Alden/Bloomberg)
Ilustrasi Perusahaan Kapal Pelayaran (Jason Alden/Bloomberg)

Winnie Hsu dan Youkyung Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Saham perusahaan-perusahaan pelayaran di Asia melonjak di tengah ekspektasi bahwa gangguan pada rute Laut Merah akibat serangan pasukan militan akan meningkatkan tarif pengiriman.

Indeks pengirim barang Jepang naik sebanyak 5,8%, sebagai satu-satunya sektor industri yang menguat. Sementara Indeks Topix yang lebih luas turun 1,6%. Saham perusahaan pelayaran Korea Selatan, Korea Line Corp, dan perusahaan pelayaran China, Ningbo Ocean Shipping Co, keduanya naik sebanyak 10%.

Ancaman terhadap kapal pengiriman di sekitar Terusan Suez di Mesir dapat menaikkan tarif pengiriman dari Asia ke Eropa atau Pantai Timur Amerika Serikat. Menurut analis senior Bloomberg Intelligence, Lee Klaskow, hal ini dikarenakan kapal-kapal mengambil rute alternatif yang lebih panjang.

Jika semua perdagangan melalui Suez dialihkan, analis Citigroup Inc termasuk Kaseedit Choonnawat memperkirakan dalam sebuah laporan, akan terjadi sekitar 6% pengurangan pasokan efektif dalam industri kontainer secara tahunan. 

Grafik kenaikan saham perusahaan-perusahaan pelayaran Asia. (Sumber: Bloomberg)