Logo Bloomberg Technoz

PT Bank Jago Tbk (ARTO) naik 160 poin ke posisi Rp 2.850/saham, PT Pertamina Gas Negara Tbk (PGAS) naik 50 poin ke posisi Rp 1.600/saham. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) naik 120 poin ke posisi Rp 4.000/saham.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Timah Tbk (TINS) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait sinergi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). MoU tersebut ditandatangani dalam rangka menjajaki potensi kerja sama pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lokasi operasional TINS.

Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan instrumen operasi moneter Term Deposit Valuta Asing Devisa Hasil Ekspor (TD Valas DHE) yang berlaku efektif pada 1 Maret 2023. Untuk tahap awal, terdapat 20 appointed bank yang dapat menempatkan dana nasabah eksportir DHE melalui TD Valas DHE di Bank Indonesia. Penempatan pada instrumen ini memberikan beberapa kelebihan.

Melansir Bloomberg News, BI menetapkan insentif bunga 4,6% untuk deposito valas dengan tenor satu bulan dan 4,9% untuk deposito dengan jangka waktu 3 bulan. Sementara untuk deposito yang tenornya mencapai 6 bulan, BI menawarkan bunga hingga 5,2%. Ini merupakan angka yang lebih tinggi dari rata-rata bunga simpanan deposito USD yang ditawarkan oleh bank-bank Singapura untuk tenor serupa yakni sebesar 4,12%-4,68%.

Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan (suspensi) kepada 32 emiten baik di pasar reguler, tunai, atau keseluruhan pasar. Hal ini didasarkan ke-32 perusahaan tercatat ini belum menyampaikan laporan keuangan kuartal III-2022, dan/atau belum melakukan pembayaran denda atas keterlambatan penyampaian laporan keuangan yang dimaksud. BEI juga memberi sanksi peringatan tertulis III dan menetapkan denda sebesar Rp 150 juta.

Pasar saham Asia mayoritas bergerak di zona merah pada hari ini (2/3/2023). Indeks Hang Seng Hong Kong -0,92%, indeks Strait Times Singapore -0,79%, indeks Nikkei 225 -0,06%, indeks Shanghai -0,05%, dan indeks Kospi +0,62%. Sementara itu, Dow Jones Index Future dilaporkan melemah 0,09%.

(fad/wep)

No more pages