Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Gas China Melonjak, Eropa Mulai Waswas

News
28 February 2023 16:50

Terminal LNG Uniper SE Wilhelmshaven (Sumber: Bloomberg)
Terminal LNG Uniper SE Wilhelmshaven (Sumber: Bloomberg)

Elena Mazneva - Bloomberg News

Bloomberg, Rantai pasokan gas Eropa tampaknya akan mengalami gangguan yang disebabkan oleh lonjakan permintaan China tahun ini. Menurut Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA), gangguan itu akan lebih memengaruhi pasokan gas Eropa dibandingkan dengan penghentian total pasokan gas oleh Rusia.

Pemicunya tak diketahui. Namun, laporan triwulanan IEA mengatakan, jika dilihat dari skenario bullish impor gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) permintaan negara itu berpotensi melonjak sebanyak 35% pada tahun 2023. Lonjakan itu akan meningkatkan persaingan global untuk bahan bakar dan dapat mendorong harga kembali ke tingkat yang tidak berkelanjutan yang sempat terlihat pada tahun lalu. 

China telah menghapus pembatasan Covid yang membatasi permintaan energinya tahun lalu dan membantu Eropa mengimpor LNG dalam jumlah besar dari seluruh dunia. Pembelian LNG serta langkah-langkah penghematan energi memungkinkan Eropa untuk bertahan di tengah penghentian total dari Rusia dan mendorong harga gas turun lebih dari 80%.

Rekor Impor LNG Eropa Tahun Lalu (Sumber: Bloomberg)