Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Temu, Raksasa E-Commerce China Pesaing Berat Alibaba

Rosmayanti
01 December 2023 14:40

PDD Holdings Inc atau Pinduoduo, perusahaan pemilik e-commerce asal China, Temu. (Dok: Bloomberg)
PDD Holdings Inc atau Pinduoduo, perusahaan pemilik e-commerce asal China, Temu. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pinduoduo merupakan induk layanan e-commerce Temu yang mendulang popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Didirikan pada tahun 2015 oleh Colin Huang, Pinduoduo mengklaim kini telah menjangkau para pembeli online di 40 negara.

Meski tidak begitu terkenal di luar China, Pinduoduo diketahui terdaftar di bursa saham Amerika Serikat, Nasdaq pada Juli 2018 lalu. Valuasi pasar Pinduoduo telah mencapai US$58,2 miliar pada saat itu, ketika sahamnya dijual dengan harga US$19/saham.

 Sekarang, sahamnya dihargai US$50,11/saham. Selain Alibaba dan JD.com, Pinduoduo juga merupakan salah satu pemain besar di pasar e-commerce China.

Mengutip berbagai sumber, Jumat (1/12/2023), model belanja online Pinduoduo berbeda dari e-commerce lain. Tak heran, hal ini berkontribusi pada kesuksesannya.

Dengan Pinduoduo, pelanggan dapat melakukan belanja sosial atau berbelanja bersama dengan anggota keluarga melalui link barang yang dikirimkan melalui grup belanja. Semakin banyak orang membelanjakan produk dalam tautan yang sama, maka semakin rendah harga barang tersebut.