Logo Bloomberg Technoz

Beijing juga ingin memastikan pengembang memiliki cukup uang tunai untuk menyelesaikan jutaan rumah yang sedang dibangun, meskipun itu berarti risiko tambahan bagi bank-banknya.

"Putaran baru langkah-langkah untuk mendukung sektor properti akan sangat efektif untuk memutus siklus kegagalan yang luas dan menghindari penyebaran risiko sistemik," kata May Zhao, kepala riset ekuitas di Zhongtai Financial International.

Upaya baru untuk memperkuat pengembang menambah serangkaian langkah selama setahun terakhir yang sebagian besar bertujuan untuk merangsang permintaan rumah, termasuk pembayaran uang muka yang lebih rendah dan syarat kredit perumahan yang lebih mudah.

Namun, mereka sebagian besar gagal, dengan penjualan rumah turun di 18 dari 22 bulan terakhir.

Beijing kini mengarahkan pandangannya pada bank-bank terbesar di dunia, mendesak mereka untuk memperluas lebih banyak kredit dan memastikan bahwa pertumbuhan pinjaman kepada pengembang swasta sesuai dengan rata-rata industri.

Pandangan optimis adalah bahwa jika perusahaan seperti Country Garden Holdings dapat menggunakan suntikan dana untuk menyelesaikan proyek rumah dan menghindari gagal bayar yang menarik perhatian, pembeli akan mendapatkan kembali kepercayaan dan penjualan akan pulih. Bank bahkan bisa menghindari kerugian jika sektor stabil.

"Pengembang bisa bertahan dari penurunan jika masalah likuiditas jangka pendek teratasi," kata Jian Shi Cortesi, seorang manajer dana di GAM Investment Management.

Analis di JPMorgan Chase memperingatkan bahwa memungkinkan bank memberikan pinjaman tanpa jaminan kepada pengembang yang memenuhi syarat "akan menjadi langkah berisiko" bagi bank karena "akan menimbulkan kekhawatiran tentang risiko layanan nasional dan risiko kredit dalam jangka menengah."

Kegagalan Beijing sebelumnya untuk membujuk bank komersial berarti implementasi juga masih menjadi tanda tanya. Dan bahkan jika berhasil, beberapa analis memperingatkan langkah-langkah tersebut masih belum cukup besar untuk memenuhi tantangan menghidupkan kembali pasar.

(bbn)

No more pages