Logo Bloomberg Technoz

Badai Ciaran Hantam Prancis, Listrik Satu Juta Rumah Padam

News
02 November 2023 19:40

Ilustrasi Badai. (Juan Manuel Barrero Bueno/Bloomberg)
Ilustrasi Badai. (Juan Manuel Barrero Bueno/Bloomberg)

Todd Gillespie - Bloomberg News

Bloomberg, Badai yang melanda sebagian besar wilayah barat laut Eropa merobohkan atap rumah, membuat sejumlah penerbangan dibatalkan, dan memutus pasokan listrik bagi lebih dari satu juta orang di Prancis.

Badai Ciaran melanda Inggris, Prancis, Spanyol, dan Belanda pada Rabu malam. Hal ini memicu dikeluarkannya peringatan tinggi dari badan meteorologi. Menurut La Chaine Meteo Prancis, angin kencang mencapai 207 kilometer per jam di Pointe du Raz di ujung barat Brittany. Menteri Transportasi Prancis, Clement Beaune, melaporkan bahwa seorang pengemudi truk tewas di timur laut Paris.

Emisi bahan bakar fosil yang mendorong pemanasan global, meningkatkan intensitas gelombang panas dan badai di musim panas. Hal ini memicu kebakaran hutan dan banjir, mengganggu sistem listrik dan transportasi, serta mengancam kesehatan dan mata pencaharian bagi jutaan orang.

Sebanyak 66 peringatan banjir diberlakukan di seluruh Inggris. Bandara Schiphol di Amsterdam juga akan mengalami gangguan sepanjang hari Kamis.