Logo Bloomberg Technoz

MonkeyPox Berpotensi Endemik, Bisa Menular ke Masyarakat Umum

Septiana Ledysia
01 November 2023 09:10

Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/MargJohnsonVA)
Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/MargJohnsonVA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyebaran kasus cacar monyet atau MonkeyPox (Mpox) semakin meluas di Indonesia. Epidemiolog Dikcy Budiman mengatakan bahwa jika terus dibiarkan monkeypox berpotensi menjadi endemik.

Menurut data Dinas Kesehatan Jakarta, saat ini sudah ada 21 pasien yang positif monkeypox. Semuanya adalah laki-laki. Tak hanya itu, kasus monkeypox ini juga sudah tersebar ke wilayah luar Jakarta, seperti Bandung.

“Seperti tahun lalu saya sampaikan, monkeypox ini berpotensi endemik di luar Afrika. Karena aslinya satu penyakit yang ditularkan oleh hewan, dalam hal ini Kera. Untuk itu ketahui juga kenapa saya wanti-wanti banget jika kita tidak mendeteksi memadai, melakukan isolasi, karantina dan vaksinasi kepada kelompok khususnya golongan gay atau homo akan sangat cepat penyebarannya. Ketika penyakit dengan pola transmisi seperti itu dan kita tahu kelompok berisiko tinggi hubungan sejenis ada di hampir semua wilayah, maka risikonya atau potensi ditemukan kasus ini di luar Jakarta akan sangat besar,” kata Dicky.

Dicky menambahkan, dirinya sudah sering memperingatkan terkait penyebaran monkeypox ini. Tapi menurutnya, tidak ada tindaklanjut yang membuat penyakit ini tidak menyebar. 

“Tinggal tunggu waktu menyebar saja, tapi untuk jadi pandemi tidak. Mungkin bisa jadi outbreak ataupun epidemik. Mengapa saya sampaikan tadi bisa endemik kalau orang yang terinfeksi ini juga menularkan pada hewan, hewan peliharaannya. Dalam konteks ini kan asal muasalnya berasal dari Kera, tidak menutup kemungkinan ke mamalia lain,” ujar Dicky.