Logo Bloomberg Technoz

Naiknya Biaya Penitipan Anak Bebani Pasar Tenaga Kerja AS

News
31 October 2023 18:20

Ilustrai seorang ibu dan anaknya. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrai seorang ibu dan anaknya. (Sumber: Bloomberg)

Katia Dmitrieva - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut Institut Bank of America, melonjaknya biaya penitipan anak di Amerika Serikat (AS) telah membebani pengeluaran dan pasar tenaga kerja. Hal ini bahkan terjadi sebelum berakhirnya program nasional yang dapat memperburuk situasi.

Berdasarkan data, rata-rata rumah tangga menghabiskan lebih dari US$700 atau setara Rp11 juta per bulan untuk penitipan anak di seluruh AS, naik 32 persen dibandingkan dengan tahun 2019. Peningkatan terbesar terjadi pada mereka yang berpenghasilan antara US$100.000 hingga US$250.000 per tahun. 

Hal ini berdampak pada pengeluaran. Keluarga yang dibebani dengan biaya penitipan anak berbelanja dengan kecepatan yang lebih lambat dari rumah tangga lain sejak bulan Mei, dan menabung dengan kecepatan yang lebih cepat.

Menurut laporan institut yang diterbitkan pada Jumat, jumlah rumah tangga dengan pendapatan ganda juga lebih sedikit tahun ini, dengan rata-rata 1,34 pekerjaan per bulan dibandingkan dengan 1,39 pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa pekerja kemungkinan besar keluar dari pasar tenaga kerja untuk merawat anak-anak mereka.