Logo Bloomberg Technoz

IMF Peringatkan Dampak Perang Hamas-Israel pada Negara Tetangga

News
25 October 2023 20:10

Dampak peperangan yang memanas antara Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)
Dampak peperangan yang memanas antara Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)

Abeer Abu Omar - Bloomberg News

Bloomberg, IMF memperingatkan bahwa perang yang berkepanjangan antara Hamas dan Israel berpotensi berdampak pada aktivitas ekonomi dan prospek inflasi di negara-negara tetangga seperti Mesir, Lebanon, dan Yordania.

"Apa yang terjadi di Timur Tengah terjadi pada saat pertumbuhan ekonomi melambat, tingkat suku bunga tinggi, dan biaya pembayaran utang meningkat karena dampak Covid-19 dan perang," kata Kristalina Georgieva, direktur pelaksana IMF, di hari kedua Future Investment Initiative di Riyadh pada Rabu.

"Yang kami lihat adalah lebih banyak keresahan di dunia yang sudah gelisah," katanya, "pada cakrawala yang sudah penuh awan, jika ada lebih banyak lagi bisa semakin buruk."

Konflik antara Hamas dan Israel dimulai pada awal Oktober ketika kelompok militan tersebut melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menewaskan 1.400 warga Israel. Israel telah merespons dengan serangan udara ke Jalur Gaza, yang telah menewaskan ribuan orang, dan mengancam untuk melakukan perang darat besar-besaran untuk memusnahkan Hamas, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh AS dan Uni Eropa.