Logo Bloomberg Technoz

Zelenskiy Desak China Ambil Sikap Soal Rusia

News
20 February 2023 19:19

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. (Nathan Howard/Bloomberg)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. (Nathan Howard/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy baru-baru ini mengatakan dirinya telah secara langsung meminta China untuk tidak mendukung invasi Rusia dan meminta pemerintahnya untuk bersikap pragmatis demi mencegah konflik global yang lebih luas.

"Hubungan kami dengan China selama ini sangat baik. Kami telah menjalin hubungan ekonomi yang intens selama bertahun-tahun dan saya harap demi kepentingan semua pihak hubungan itu tidak berubah," kata Zelenskiy kepada surat kabar Italia.

Pada akhir pekan lalu dalam KTT Munich, Menlu AS Antony Blinken juga memperingatkan diplomat top China agar tidak memberikan dukungan ke Rusia. Hal ini dikatakan karena AS memiliki informasi bahwa Beijing kemungkinan sedang mempertimbangkan untuk memasok senjata ke Istana Kepresidenan Rusia alias Kremlin.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan pada Senin (20/02/2023) dalam sebuah konferensi pers reguler bahwa China tidak akan menerima tudingan apa pun dari AS atas hubungannya dengan Moskwa.