Logo Bloomberg Technoz

Jelang Reshuffle, Jokowi Jamu AHY di Istana

Mis Fransiska Dewi
24 October 2023 13:36

Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (IG/@KemhanRI)
Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (IG/@KemhanRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Istana Kepresidenan, Senin (23/10/2023). Akan tetapi, Jokowi membantah pertemuan tersebut membahas tentang potensi putra sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut masuk menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Ya biasa, pertemuan silaturahmi," kata Jokowi di Plataran Hutan Kota, Selasa (24/10/2023).

Pertemuan Jokowi dan AHY kerap dihubungkan dengan rencana perombakan kabinet atau reshuffle. Presiden sendiri membenarkan akan ada pelantikan sejumlah menteri atau kepala lembaga negara pada pekan ini. 
Salah satu perombakan tersebut, Jokowi akan melantik menteri pertanian (mentan) baru usai ditinggalkan Politikus Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi dana saweran Kementerian Pertanian. Hingga saat ini, posisi Mentan diampu oleh pejabat pelaksana tugas (Plt) dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

"Bicara hal-hal yang biasa saja [dengan AHY]," ujar Jokowi.

Partai Demokrat berpeluang masuk ke dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf usai turut bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. Presiden Jokowi sendiri kerap dihubungkan dengan pemenangan Prabowo ketimbang koalisi PDIP -- asal partai politiknya -- yang mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.