Logo Bloomberg Technoz

Dengan gagal bayar semakin pasti, perhatian para kreditur beralih ke pertanyaan ini akan memicu default pada utang lainnya, serta seberapa cepat pengembang ini dapat menyusun rencana restrukturisasi

Kegagalan restrukturisasi utang yang berantakan oleh Country Garden berisiko mengirim sektor perumahan China ke dalam krisis yang lebih dalam dan mengancam stabilitas sosial, mengingat jumlah proyek yang besar dan kehadirannya yang kuat di kota-kota kecil.

Leonard Law, analis kredit senior di Lucror Analytics mengatakan pemegang obligasi harus menganggap bahwa perusahaan telah gagal bayar dan membentuk kelompok kreditur untuk melakukan negosiasi restrukturisasi utang.

Maket terbengkalai di kantor sales proyek Legend of Sea milik Country Garden (Qilai Shen/Bloomberg)

Kreditur Country Garden telah berdiskusi dengan beberapa penasihat keuangan, termasuk PJT Partners Inc. dan Moelis & Co., saat mereka mencari untuk membentuk kelompok ad-hoc menjelang kemungkinan restrukturisasi utang luar negeri.

Dengan total kewajiban sekitar US$186 miliar, Country Garden adalah salah satu pengembang yang paling banyak berutang di dunia.

Para analis JPMorgan Chase & Co. termasuk Karl Chan mengatakan gagal bayar kupon terbaru perusahaan ini akan memicu default silang pada semua obligasi dolar senilai sekitar US$10 miliar yang mereka miliki.

Obligasi dolar Country Garden saat ini diperdagangkan sekitar 5 sen setelah beberapa di antaranya mencapai sekitar 80 sen pada bulan Juni. Saham perusahaan telah turun 72% tahun ini.

(bbn)

No more pages