Logo Bloomberg Technoz

Putin ke China, Abaikan Perintah Tangkap Mahkamah Internasional

News
17 October 2023 10:40

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Vladimir Putin telah tiba di Beijing, menurut media pemerintahan China, dalam perjalanan ke luar negeri yang jarang terjadi bagi pemimpin Rusia tersebut. Perjalanan ini dibuat setelah sebelumnya Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan atas Putin terkait tudingan kejahatan perang di Ukraina.

Diberitakan oleh CGTN, Putin diperkirakan akan menghadiri forum Belt and Road. Dia juga dijadwalkan akan bertemu Presiden Xi Jinping pada Rabu, seperti yang sebelumnya telah diumumkan oleh Interfax Rusia.

Kunjungan ini menekankan hubungan erat antara Beijing dan Moskow yang diawasi ketat oleh pejabat di Washington dan Brussels di tengah perang di Ukraina. China telah memberikan dukungan diplomatik dan ekonomi kepada Rusia sejak Putin memerintahkan invasi pada 2022, untuk mengurangi dampak sanksi dari negara-negara Barat terhadap Moskow.

Kunjungan Putin juga merupakan bentuk dukungan terhadap proyek Belt and Road yang menjadi andalan Xi, yang diluncurkan pada tahun 2013 dan telah mendanai sekitar US$900 miliar dalam proyek infrastruktur dan lainnya. Inisiatif ini menghadapi beberapa tantangan, termasuk kekhawatiran mengenai keberlanjutan utang dan dampak perlambatan ekonomi China.