Logo Bloomberg Technoz

Pasar Saham AS Naik Di Tengah Upaya Meredam Perang Israel-Hamas

News
17 October 2023 05:20

Bursa Amerika Serikat Wall Street (Dok Bloomberg)
Bursa Amerika Serikat Wall Street (Dok Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News


Bloomberg, Pasar saham Amerika Serikat naik sedangkan obligasi turun di tengah upaya diplomatik Negeri Paman Sam untuk mencegah meluasnya perang Israel-Hamas menjadi konflik regional. Harga minyak dunia juga turun menyusul reli pekan lalu.

Indeks S&P 500 tercatat naik 1,1% seiring para investor juga tengah bersiap terhadap laporan keuangan emiten. Imbal hasil obligasi 10 tahun naik sembilan basis poin menjadi 4,7%. Sedangkan nilai tukar mata uang dolar AS justru melemah. 
Harga Bitcoin turun setelah sempat melonjak hingga 10%. Hal ini terjadi usai BlackRock mengatakan aplikasi untuk dana yang diperdagangkan di bursa yang berinvestasi langsung dalam mata uang kripto masih dalam proses peninjauan. Selain itu, Shekel Israel pun tercatat mencapai level terendah dalam delapan tahun.

Tawaran haven Wall Street juga mulai berkurang seiring mulai nampaknya tanda perang Israel-Hamas lebih terkendali. Presiden Joe Biden dikabarkan akan menempuh perjalanan ke Israel dalam upaya mencegah perang tersebut menyebar. Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga kembali ke Israel untuk bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, setelah melakukan pembicaraan dengan pemerintah-pemerintah Arab. 

Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Mesir, Suriah, Iran, dan Otoritas Palestina, dan Kremlin mengatakan bahwa ada "pendapat yang sama" tentang perlunya gencatan senjata. Ia berbicara secara terpisah dengan Netanyahu.