Logo Bloomberg Technoz

IMF: Israel Vs Hamas yang Meluas Bisa Berdampak ke Ekonomi Global

News
11 October 2023 21:00

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)
Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Eric Martin dan Helen Nyambura - Bloomberg News

Orang nomor dua di Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa perang antara Israel dan Hamas dapat memicu inflasi dan menghambat pertumbuhan global jika berubah menjadi konflik yang lebih luas, yang menyebabkan kenaikan harga minyak yang signifikan.

Permodelan yang dilakukan oleh IMF, yang memiliki mandat untuk mengawasi ekonomi global, menunjukkan bahwa kenaikan harga minyak sebesar 10% akan menyebabkan inflasi meningkat 0,4 poin persetase dalam satu tahun kemudian. Hal itu disampaikan oleh Gita Gopinath, Wakil Direktur Pelaksana IMF, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV yang dipandu oleh Francine Lacqua.

Dalam skenario tersebut, output global akan turun sebesar 0,15 persen. Hal ini akan menambah kesulitan yang sudah ada dalam lingkungan inflasi dan pertumbuhan, yang menjadi tantangan bagi bank sentral.

Masih terlalu dini untuk mengetahui dampak penuh dari konflik ini. Gopinath mengatakan, banyak hal yang bergantung pada apakah konflik ini akan melibatkan negara-negara lain.