Logo Bloomberg Technoz

Koalisi Mahasiswa Harvard Kritik Apartheid Israel: Sumber Masalah

News
11 October 2023 07:50

Sebuah masjid hancur usai serangan udara Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Minggu (8/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Sebuah masjid hancur usai serangan udara Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Minggu (8/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah koalisi yang terdiri dari 34 organisasi mahasiswa Universitas Harvard mengeluarkan pernyataan pro-Palestina sebagai reaksi terhadap serangan Hamas.

Dikutip dari siaran resmi mereka yang diterbitkan Senin (09/10/2023), para mahasiswa dari universitas yang paling berpengaruh dalam politik Amerika Serikat (AS) ini menyatakan bahwa serangan Hamas ini adalah sepenuhnya salah Israel.

“Kami, organisasi mahasiswa yang menandatangani pernyataan ini, menyalahkan rezim Israel sepenuhnya atas semua kekerasan yang terjadi,” tulis pernyataan itu.

Menurut koalisi tersebut, peristiwa yang terjadi beberapa hari ini tidak terjadi begitu saja. Sebab selama dua dekade terakhir, jutaan warga Palestina di Gaza telah dipaksa hidup di “penjara” terbuka di mana warga Palestina di saba tidak memiliki tempat perlindungan dan tidak memiliki tempat untuk melarikan diri.

“Rezim apartheid adalah satu-satunya yang harus disalahkan. Kekerasan Israel telah membentuk setiap aspek kehidupan Palestina selama 75 tahun,” kata mereka.