Logo Bloomberg Technoz

Data Tenaga Kerja AS Meningkat, Terbesar Sejak Awal Tahun

News
06 October 2023 20:28

Ilustrasi pekerja bekerja di luar kantor (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja bekerja di luar kantor (Sumber: Bloomberg)

Reade Pickert - Bloomberg News

Bloomberg, Data lapangan kerja di AS meningkat secara tak terduga pada bulan September, dengan laju pertumbuhan terbesar sejak awal tahun. Hal ini menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat dan mendukung alasan Bank Sentral AS Federal Reserve (the Fed) untuk menaikkan suku bunga lagi.

Menurut laporan Bureau of Labor Statistics yang dirilis Jumat, lapangan kerja non pertanian (non-farm payroll/NFP) meningkat sebesar 336.000 bulan lalu setelah revisi ke atas yang cukup besar dua bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran tetap pada 3,8%, dan upah naik dengan laju yang moderat.

Kuatnya pasar kerja menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan tetap yakin akan prospek penjualan mereka. Meskipun laju perekrutan tenaga kerja telah melambat sejak tahun lalu, ketahanannya tetap menjadi sumber kekuatan utama untuk pengeluaran rumah tangga dan ekonomi secara umum.

Namun bagi the Fed, kekuatan pasar tenaga kerja mengancam tekanan inflasi yang terus meningkat. Data pemerintah ini, bersama dengan data lain seperti peningkatan lapangan kerja baru-baru ini, bisa mendorong para pejabat bank sentral untuk menaikkan suku bunga lagi pada akhir tahun.

Data lapangan kerja AS. (Sumber: Bloomberg)