Logo Bloomberg Technoz

Turis India Datangi Indonesia, Bali-Jakarta Waspada Virus Nipah

Septiana Ledysia
03 October 2023 16:00

Ilustrasi virus Nipah. (Envato/manjurulhaque)
Ilustrasi virus Nipah. (Envato/manjurulhaque)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hampir 300 ribu turis asing berasal dari India berkunjung ke Bali. Dinas Kesehatan Bali pun waspada terhadap penularan virus nipah.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bali, dr Nyoman Gede Anom sampai saat ini belum ditemukan dan belum ada laporan kasus nipah di Bali. Walau begitu, pihaknya akan terus waspada terhadap penyebaran virus yang sedan marak terjadi di India itu.

“Bali terbuka untuk semua wisatawan asing dari seluruh mancanegara. Kita tidak melarang wisatawan yang mau datang ke Bali termasuk wisatawan India, hanya kita selalu waspada dan siap kalau ada kasus nipah di Bali,” kata dr Nyoman saat berbincang dengan Bloomberg Technoz.

Dokter Nyoman juga mengatakan pihaknya bersama KKP dan bandara akan terus mengawasi para wisatawan yang datang. Dan akan terus meningkatkan fasilitas kesehatan di Bali.

“Di Bandara Ngurah Rai sudah ada KKP yang mengawasi wisatawan dari negara-negara yang ada kasus nipah dan melakukan deteksi suhu tubuh, dan saya juga sudah mengimbau seluruh rumah sakit agar selalu siap kalau ada kasus nipah di Bali,” ujar dr Nyoman.