Logo Bloomberg Technoz

Country Garden Hadapi Tenggat Waktu Pembayaran Utang Rp620 M

News
27 September 2023 11:40

Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Perusahaan pengembang Country Garden Holdings Co. menghadapi tenggat waktu utang lainnya hari ini, Rabu (27/9/2023). Termasuk pembayaran bunga obligasi berdenominasi dolar. 

Perusahaan ini, yang tengah menghadapi krisis utang properti China yang lebih luas, harus membayar kupon sebesar US$40 juta atau setara Rp620 miliar untuk obligasi yang jatuh tempo pada bulan Januari. Ada masa tenggang 30 hari sebelum dapat dinyatakan sebagai gagal bayar.

Selain itu menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, terdapat bunga sebesar 7,81 juta ringgit pada obligasi Malaysia yang akan jatuh tempo pada tahun 2025. Obligasi ini memiliki masa tenggang lima hari.

Kegagalan pembayaran apa pun dapat mengirimkan gelombang kejutan baru melalui pasar properti negara itu, di mana pihak berwenang telah berupaya menstabilkan di tengah krisis utang yang berlangsung bertahun-tahun. Sentimen juga telah terganggu lebih lanjut dalam beberapa hari terakhir setelah restrukturisasi utang yang dinanti-nantikan oleh China Evergrande Group terhenti.