Logo Bloomberg Technoz

Namun, banjir terburuk juga pernah terjadi di Yunani sehingga menyebabkan 17 orang tewas pada September yang menenggelamkan puluhan ribu hewan dan menghancurkan rumah, jalan, jembatan, tempat usaha, dan lahan pertanian. Pemerintah mengatakan perbaikan jalur kereta api saja akan menelan biaya lebih dari €150 juta.

Badai Daniel membanjiri sekitar 140.000 hektarw lahan termasuk di wilayah Thessaly yang terkena dampak paling parah di Yunani tengah bagian timur. Wilayah tersebut merupakan sumber utama produk susu, kapas, dan hasil bumi. Wilayah itu juga menyumbang sekitar 5% produk domestik bruto Yunani.

Investor dan perusahaan pemeringkat ingin melihat pemerintah tetap berpegang pada agenda reformasi dan disiplin fiskal yang diterapkan sebelum pandemi Covid-19. Mitsotakis telah berjanji untuk memenuhi target fiskal yang ada meskipun ada dampak ekonomi akibat bencana alam dan juga mempresentasikan rencananya untuk reformasi sistem peradilan dan sektor kesehatan.

“Saya tidak akan pernah membahayakan stabilitas fiskal,” katanya, Sabtu.

Kebijakan fiskal lain Yunani:

  • Sepuluh langkah baru untuk melawan penghindaran pajak, termasuk pembelian atau penjualan rumah harus dilakukan melalui bank, bukan uang tunai
  • Mereka yang menyewa tiga atau lebih properti melalui platform sewa jangka pendek harus membayar pajak pertambahan nilai dan semua pajak yang dibayar oleh hotel
  • Berakhirnya pajak khusus atas obligasi Yunani dalam upaya menjadikannya alternatif bagi deposan
  • Pemotongan pajak transaksi keuangan sebesar 50%.

(bbn)

No more pages