Logo Bloomberg Technoz

Alasan Apple Tak PHK Massal Seperti Google dan Amazon

News
10 February 2023 16:04

Pembeli melewati toko Apple Inc. pada Black Friday di Berlin, Jerman, pada Jumat, 25 November 2022. (Krisztian Bocsi/Bloomberg)
Pembeli melewati toko Apple Inc. pada Black Friday di Berlin, Jerman, pada Jumat, 25 November 2022. (Krisztian Bocsi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Apple Inc. ternyata tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran seperti yang dilakukan Google, Amazon dan induk Facebook, Meta. Rahasiannya, produsen iPhone ini lebih efisien dalam merekrut karyawan baru.

Selama musim perekrutan karyawan besar-besaran di industri teknologi yang dipicu pandemi Covid-19, Apple menambah lebih sedikit karyawan ketimbang perusahaan teknologi besar lainnya. Selain itu, pendapatan perusahaan per karyawan baru lebih besar ketimbang kompetitor, menurut data yang dihimpun Bloomberg.

Melansir Bloomberg News, pendekatan Apple yang lebih hati-hati itu membuahkan hasil saat ini. Meskipun Apple telah menghentikan perekrutan karyawan di beberapa area dan membatasi pengeluaran, terutama di luar penelitian dan pengembangan.

“Ini menandakan kualitas manajemen yang lebih baik di Apple dibandingkan dengan perusahaan teknologi lain yang membaca sinyal selama pandemi dengan cara yang salah,” kata Peter Garnry dari Saxo Bank A/S.

Apple lebih hati-hati rekrut karyawan baru (Sumber: Bloomberg)

Banyak perusahaan teknologi mengakui bahwa mereka mempekerjakan terlalu banyak karyawan selama pandemi dengan ekspektasi perubahan gaya hidup, termasuk kerja jarak jauh, pengeluaran belanja online, dan video-game akan membawa rejeki nomplok yang lebih besar.